Home » » Alasan iPhone mahal di Indonesia

Alasan iPhone mahal di Indonesia

Jakarta - Apple memang terkenal mengeluarkan smartphone dengan harga premium. Ketika iPhone 5 masuk ke Indonesia pun demikian, tapi sayang jika dihitung-hitung hasilnya, harga ponsel cerdas ini masuk dalam kategori 'kelas atas'.

Seperti dikutip detikINET dari situs resmi Apple, harga iPhone 5 versi 16 GB tanpa kontrak mencapai USD 649 atau Rp 6,25 juta (USD 1 = Rp 9.620). Sedangkan menurut sumber, iPhone 5 dengan kapasitas yang sama di Indonesia dijual Rp 8,1 jutaan.

Memang, di situs Apple, harga tersebut sebelum pajak dan sebagainya. Tapi, tetap saja menimbulkan pertanyaan, mengapa sampai selisih perbedaannya cukup besar.

"Besaran pajak di setiap negara berbeda-beda. Di negara-negara yang dominan postpaid, channel penjualan device cenderung direct, dari prinsipal (Apple-red) langsung ke operator, operator langsung ke end user dan hampir semua end user membeli handset di operator dengan sistem subsidi," jelas Head of Device Bundling and Customization Strategy Division Telkomsel Arief Pradetya, kepada detikINET, Senin (10/12/2012).

Berbeda dengan negara yang menganut sistem penjualan device secara bebas, seperti Indonesia. Dimana operator tidak 'bermain' langsung dalam penjualan handset.

"Penjualan dilakukan oleh retailer dengan sistem distribusi bertingkat, masing-masing tingkat ada margin yang harus di-maintain untuk meng-cover biaya operasionalbiaya SDM, pembiayaan, risiko stock, dan lainnya," tambahnya.

"Luasnya wilayah Indonesia dengan sistem distribusi yang umum (barang secara fisik didistribusikan) juga menambah biasa tersendiri. Berbeda dengan negara kecil atau negara yang penjualan melalui sistem onlinenya sudah cukup tinggi," Arief menegaskan.

Oleh sebab itu, Arief mengelak kalau operator -- khususnya Telkomsel -- diklaim menjual iPhone 5 lebih mahal dibanding negara lain. Karena banyak faktor 'X' yang menyertainya.

Di Telkomsel sendiri, pelanggan bisa memilih paket harga bundling yang ditawarkan. Telkomsel menawarkan 4 paket bundling. Harga awal termurah yang ditawarkan adalah Rp 1,29 juta untuk iPhone 5 versi 16GB.

Namun tunggu dulu, pengguna harus membayar biaya bulanan selama 12 bulan. Di mana setiap bulan jumlah yang dibayarkan sebesar Rp 900.000.

Dari hitungan tersebut, berarti pengguna akan membayar sejumlah Rp 1,29 juta ditambah angsuran selama setahun sejumlah Rp 10,8 juta. Jadi total yang harus dibayar senilai Rp 12,09 juta.

Sedangkan harga termurah adalah iPhone 5 versi 16GB pada paket 1 yang uang mukanya sebesar Rp 5,09 juta. Ditambah setoran Rp 330 ribu per bulan selama setahun, maka jumlah yang dibayarkan saat lunas senilai Rp 9,05 juta.
Sumber: detik.com

Artikel Terkait Seru

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Linear - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger